shared hosting

 1. Apakah yang dimaksud shared hosting?


Jawaban:


Shared hosting adalah sebuah server baik itu Dedicated Server (fisik) maupun VPS (virtual) yang resourcenya dibagi-bagi sesuai dengan paket yang telah ditentukkan.


2.Sebutkan perbedaan dari DS, VPS, Shared Hosting !


Jawaban:


- VPS : 1 mesin server dibagi-bagi lagi menjadu beberapa pengguna VPS, jadi lebih dari 1 host


- Dedicated Server : 1 mesin dikuasai sendiri


- Shared Hosting : Resource dibatasi hak milik oleh application service provider VPS rentan kena intervensi pengguna lain dalam 1 mesin yang bisa mengakibatkan beberapa service failed bahkan downtime. Ini karena resource yang di bagi-bagi tadi. Masalah performa antar VPS dan Dedicated Server punya kenggulan masing-masing.


3. Sebutkan kekurangan shared hosting !


Jawaban:


(-) Kekurangan shared hosting


• Resource tidak dedicated, karena shared hosting sifatnya berbagi resource dengan pengguna hosting lain, maka resource yang didapatkan tidak maksimal, sehingga tidak cocok untuk pengguna yang ingin mengoptimalkan web nya.


• Resource sangat terbatas, karena shared hosting memilik batasan yang tidak mungkin melebih resource Node nya, maka shared hosting kemampuannya sangat terbatas dan tidak cocok digunakan untuk website berskala besar atau dengan traffic tinggi.


• Performa server tidak dapat di tweak/optimasi secara mandiri karena konfigurasi shared hosting telah di-set oleh penjual hosting itu sendiri.


4. Apakah yang dapat mempengaruhi hosting?


Jawaban:


Hosting dipengaruhi oleh sistem proses yang dilakukan oleh pengguna, jika ada pengguna hosting yang melakukan proses yang berlebihan dan membebani server, maka pengguna lainnya akan terkena imbasnya, seperti server menjadi lambat bahkan ada kemungkinan website menjadi tidak bisa diakses. Sebagai contoh jika servershared hosting terkena hack, atau hardware failure, maka seluruh pengguna shared hosting akan terkena dampaknya seperti website tidak dapat di akses.


5. Sebutkan dampak shared hosting terkena hack!


Jawaban:


Jika server shared hosting terkena hack, atau hardware failure, maka seluruh pengguna shared hosting akan terkena dampaknya seperti website tidak dapat di akses. Pemiliki server tentunya akan melakukan pemantauan secara bertahap dan rutin terhadap proses yang terjadi di dalam server, biasanya admin akan melakukan suspend account terhadap pengguna yang melakukan pelanggaran atau mengganggu terhadap kinerja server.

Komentar